PENTINGNYA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

PENTINGNYA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI SISWA/I 
SMA N BARANUSA 

(Oleh :Adolof B Mau, S.Pd)

 

Pada dasarnya Pendidikan merupakan Proses investasi jangka Panjang yang harus diperkuat Karena tujuan utamanya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun generasi muda yang dapat beradaptasi dengan dunia global. 

Pentingnya Pendidikan bagi generasi muda saat ini karena pendidikan itu sendiri sebagai upaya yang sadar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia seperti yang dilakukan oleh negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Perkembangan dunia Pendidikan yang pesat dan adanya tuntutan kemampuan peserta didik dalam berbagai aspek menyebabkan adanya perubahan kurikulum pada setiap kompetensi yang dicapai. Perubahan kurikulum tersebut diaplikasikan pada setiap satuan Pendidikan dengan kriteria ketercapaian yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, baik secara nasional maupun internasional. Selain itu perubahan kurikulum juga mencetak adanya kesesuaian keterampilan dengan berbagai tuntutan perkembangan zaman. Selain keterampilan dalam aspek pengetahuan pengembangan, kurikulum juga difokuskan pada keterampilan aspek karakter dan kemampuan lain diluar sekolah seperti yang dikembangkan dalam implementasi kurikulum merdeka yaitu Chritical Thinking (Berfikir Kritis),  Collaboration (Kolaborasi).

Kurikulum merdeka yang kita kenal sekarang ini merupakan bentuk terobosan baru adanya pengembangan karakter peserta didik yang berfokus pada profil pelajar pancasila. Implementasi kurikulum merdeka memfokuskan adanya pembentukan karakter profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila meliputi sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif. Profil pelajar pancasila diusulkan untuk menjadi pedoman Pendidikan Indonesia baik dalam studinya di dalam negeri maupun di luar negeri (Tutuli, 2022).

   Dalam implementasi kurikulum merdeka di kelas, kemampuan Guru dalam mengidentifikasi kompetensi awal peserta didik sangat penting. Kemampuan peserta didik dapat dijadikan sebagai pedoman guru dalam membawakan materi pembelajaran. Mengidentifikasi kemampuan peserta didik dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

1.      Mengamati perilaku peserta didik,
2.      Mengidentifikasi kemampuan peserta didik,
3.      Melakukan berbagai cara untuk menilai peserta didik secara formatif,
4.     Menanyakan kemampuan dan latar belakang peserta didik kepada guru mata pelajaran sebelumnya,        kelima
5.      Menginterpretasikan kemampuan awal peserta didik.

Penerapan kurikulum merdeka pada satuan Pendidikan pada awalnya mengalami berbagai kendala baik dalam segi kesiapan sumber daya manusia hingga ketersediaan sarana dan prasarana. Namun dalam Perjalanannya beberapa satuan Pendidikan telah mengimplementasi kankurikulum merdeka dengan efektif dan efisien, seperti yang terjadi pada satuan Pendidikan SMA N Baranusa.

SMA N Baranusa Merupakan salah satu dari Empat (4) Sekolah di Kabupaten Alor yang telah mengImplementasikan Kurikulum Merdeka Sejak tahun 2022 sampai saat ini dan merupakan capaian terbaik selama penerapan kurikulum ini berjalan. Penerapan yang dilakukan di Pendidikan SMA N Baranusa menunjukan adanya adaptasi peserta didik yang cepat dalam proses pembelajaran berjalan lebih efektif dan efisien, hal ini dikarenakan adanya kolaborasi yang baik antar warga sekolah (Guru dan Siswa).

Kurikulum merdeka Menjadi penting bagi Warga SMA N Baranusa karena memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mengeksplore berbagai kemampuan dalam dirinya. Sistem Pendidikan yang baik mendorong adanya pengembangan kemampuan peserta didik yang berdiferensiasi sehingga mampu berkolaborasi. Implementasi kurikulum merdeka yang dikembangkan dengan dasar penguatan profil pelajar Pancasila dan pengembangan pembelajaran berdiferensiasi mendorong adanya kemajuan dalam dunia Pendidikan.

Daftar Pustaka

Manajemen.uma.ac.id. (2021, 11 23). manajemen.uma.ac.id. Retrieved from manajemen.uma.ac.id: https://manajemen.uma.ac.id/2021/11/program-pemerintah-dalam-memperbaiki-kualitas-pendidikan/

Tutuli, I. (2022, 11 24).Imrantutuli.Retrieved from imrantululi.net: https://www. imrantululi.net/berita/detail/profil-pelajar-pancasila#:~:text=Pelajar%20yang%20memiliki%20profil%20ini,Bernalar%20kritis%3B%206)%20Kreatif.

 

Komentar